SAAT BERBUKA PUASA : WAKTU MUSTAJAB DO'A

Tahukah anda ada waktu mustajab do'a di bulan Ramadhan dimana doa tersebut tidak akan ditolak oleh Allah SWT?


Apa yang anda lakukan di bulan ramadhan ketika menjelang berbuka? ngabuburit dengan sesuatu yang tidak berguna, atau sibuk dengan mempersiapkan takjil, atau tertawa-tawa melihat hiburan di TV? 
Padahal justru pada waktu inilah terdapat waktu mustajab untuk berdoa. yup, betul... waktu itu adalah saat berbuka puasa. Sayang sekali jika banyak kaum muslimin tidak mengetahuinya.

"Ada tiga doa yang tidak tertolak. Doanya orang yang berpuasa ketika berbuka, doanya pemimpin yang adil dan doanya orang yang terzhalimi”
(HR. Tirmidzi no.2528, Ibnu Majah no.1752, Ibnu Hibban no.2405, dishahihkan Al Albani di Shahih At Tirmidzi)


Saat-saat sebelum berbuka puasa semestinya kita jadikan momen yang tepat untuk meminta ampunan, dan meminta segala macam permintaan pada Allah.
Sesungguhnya Ia Maha Mendengar dan Mengabulkan segala permintaan. Hanya orang sombong lah yang enggan meminta dan berdoa pada-Nya.

 Ya, berdoa meminta kepada Allah yg Maha segalanya.

 وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ ۚإِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ

“Berdoalah kepadaKu, Aku akan kabulkan doa kalian. Sungguh orang-orang yang menyombongkan diri karena enggan beribadah kepada-Ku, akan dimasukkan ke dalam neraka Jahannam dalam keadaan hina dina” (QS. Ghafir: 60)


Di Mekkah & Madinah, satu jam sebelum adzan maghrib orang-orang sudah menengadahkan tangan ke langit berdoa untuk kemudahan dari segala hajat, baik hajat dunia maupun akhirat, mereka berdoa dengan syahdu sepenuh keyakinan, sampai-sampai air mata mereka mengalir deras.

Kesalahan yg sering dilakukan kaum muslimin kita di Indonesia adalah dengan menyia-nyiakan waktu yg sangat mustajab tersebut dengan cara ngabuburit nonton TV atau jalan-jalan menjelang adzan maghrib, atau lebih memilih berkumpul menghadapi hidangan berbuka, dan mereka sudah merasa cukup dengan hanya membaca do'a berbuka puasa, padahal do'a buka puasa tersebut hanya mencakup maknanya berupa laporan & ucapan syukur.

Berikut adalah do'a buka puasa yang dicontohkan Rosul :

ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتِ الْعُرُوقُ وَثَبَتَ الأَجْرُ إِنْ شَاءَ اللَّهُ

(Dzahabadh dhoma,u wabtalatil uruq wa tsabatal ajru insyaa,aLlah)

Artinya:
“Telah hilang rasa haus dan urat-urat telah basah serta pahala akan tetap insya Allah”
Doa tersebut diriwayatkan oleh Abu Dawud dan Daruquthni, dihasankan Syaikh Nasiruddin Al-Albani dalam Irwaul Ghalil, Misykatul Mashabih dan Shahih Abi Dawud.


Setelah kita memahaminya, mulai saat ini mari kita merendahkan hati dan khusyu’ berdoa di saat-saat menjelang berbuka puasa, Hendaknya minimal 10 menit atau 15 menit sebelum adzan maghrib ( sudah dalam keadaan berwudhu ) kemudian berdoa meminta apa saja ( jangan melupakan adab dalam berdo'a yaitu dengan didahului puji-pujian kepada Allah & bershalawat atas Nabi ).

Yakinlah Allah akan mengabulkan do'a-do'a kita, dalam hadits qudsi Allah berfirman, " Ana Indzadhonni abdibi " artinya : "AKU sesuai prasangka hamba Ku", maka itu jagalah prasangka bai padaNya dalam berdo'a.

Yuk, mulai saat ini kita manfaatkan waktu mustajab dibulan Ramadhan ini dengan berdo'a,
Berdo'alah untuk diri kita, keluarga kita, orangtua kita, sahabat kita, negeri kita.

Jangan terperdaya dengan tipuan Syetan bersama musuh2 islam yang lain. Mereka tahu betapa hebat ummat Nabi Muhammad SAW bila mereka berdo'a kepada Rabb nya disaat menjelang berbuka. Karena itu, mereka membuat tipu daya utk melalaikannya dgn program-program TV & media lainnya di waktu-waktu yang mustajab menjelang berbuka & menjelang sahur (2/3 malam) dengan suguhan acara yang membuat kita lalai dan larut dalam jebakan mereka, sehingga ummat muslim tak sempat dan ingat untuk berdo'a.

Semoga nasehat yg singkat ini bermanfaat bagi pribadi dan bagi umat yg belum mengetahui nya.

..أمـــــين يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ..



0 Komentar

Silahkan berkomentar dengan benar, hanya komentar yang relevan yang akan diterbitkan, maaf komentar spam akan dihapus secara otomatis