PERSIAPAN MENGHADAPI RAMADHAN




Sahabat, sebentar lagi Ramadhan datang, apa yang sudah kita persiapkan untuk menyambut kedatangannya?
PERSIAPAN MENGHADAPI RAMADHAN sangat penting kita ketahui agar kita lebih siap menghadapi Ramadhan dan Ramadhan menjadi lebih berkualitas dengan kesiapan mental dalam amalan.

Sebuah hadits Qudsi mengatakan :

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu dari Nabi Shalallahu ‘alaihi wa sallam Allah berfirman : "Seluruh amal anak Adam baginya selain puasa, sesung¬guhnya puasa itu bagiKu dan Aku membalasnya. Sungguh bau busuknya mulut orang yang berpuasa itu lebih harum di sisi Allah dari pada bau kasturi". (Hadits ditakhrij oleh Bukhari).

Dari hadis diatas disimpulkan bahwa setiap ibadah manusia adalah untuk dirinya sendiri, dan hanya puasa lah khusus diperuntukkan bagi Allah. Yang jadi pertanyaan Apakah Alloh butuh Puasa kita??? Coba kita renungkan kembali kenapa Allah dalam hadits tersebut mengatakan seperti itu? Alloh sudah maha segalanya, tdk mungkin Alloh memerlukan puasa kita, hadist tadi tidak lain hanyalah isyarat yang ditujukan kepada kita bahwa begitu pentingnya nilai puasa dimataNya dan kita seyogyanya jangan pernah main-main dengan puasa !!!

Bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat mulia bagi kita kaum muslimin, mari kita sama-sama mulai menata beberapa hal untuk menjamu tamu mulia itu...

Menurut Ust. Hilman Rosyad, Lc ( Semoga Allah merahmatinya ) ada beberapa hal yg bisa kita lakukan dalam menyambut bulan Ramadhan :

Kembalilah ke fitrah sebelum masuk ramadhan, agar begitu selesai ramadhan kita bersih dari dosa ... karena kita ingin istiqomah dari awal sampai akhir.

Bercita citalah. .. Ingin sukses meraih Lailatul Qadar dan 10 malam terakhir yang penuh kekhusyuan.. Ingin memperbanyak amal sholih dan beribadah kepada Allah SWT...Memperbesar target amal ramadhan untuk meraih ridhoNya.

Hal hal apa yang bisa menjadi target kita wahai saudaraku?
Mulailah dari shaum berkualitas yang diliputi sabar ikhlas, mau melayani dan menolong, mau memaafkan, tak meninggalkan sholat fardhu berjamaah...Khatam qur'an atau khatam lebih dari sekali....menghidupkan malam dengan tarawih atau qiyamullail...memperbanyak Sholat jamaah....Melayani anak dan suami.

Kiat kita untuk mencapai target itu...bisa dengan memperbesar rasa gemar beribadah baik wajib maupun sunnah....Menjaga akhlak yang mulia sampai akhir...Meningkatkan pemahaman tentang keistimewaan Ramadhan dan ibadahnya dan memperdalam tentang hukum hukum ibadah di bulan Ramadhan ....Meningkatkan iman dan ketaatan . ..... Meninggalkan hal hal yang tak berguna apalagi yang menyimpang..

Persiapan ibadah ramadhan itu meliputi berbagai sisi, seperti :

1. Persiapan ruhani.

 a. Banyak berdoa
 b. Menjaga waktu sholat fadhu
 c. Memperbanyak sholat sunnah
 d. Membaca Al Qur'an
 e. Merutinkan QiyamuLail
 f. Banyak berdzikir
 g. Banyak shaum dibulan sya'ban
 h. Bertadabur dan bertafakur alam

2. Persiapan akhlak

 a. Berlatih untuk pandai menjaga keikhlasan
 b. Memantapkan sikap sabar: tak mengeluh, dan banyak bersyukur QS 32:24
 c. Istiqomah
 d. Memperdalam cinta kasih sayang dan rendah hati
 e. Meningkatkan ketaatan dan pengorbanan

3. Persiapan ilmu

 a. Memiliki pemahaman tentang Ramadhan
 b. Fiqih shaum

4. Persiapan Kesehatan:
 a. Pola hidup sehat yang seimbang, makan dan minum
 b. Pola tidur yang sehat
 c. Menghindar dari sebab penyakit
 d. Tidak banyak disibukan hal2 yang mubah.

5. Persiapan Harta

 a. Dana untuk berinfak
 b. Anggaran makanan yang bergizi
 c. Memakmurkan masjid dengan sedekahnya.
 d. Memberi buka puasa
 e. Alokasi Zakat Mal dan zakat Fitrahnya.

6. Persiapan lingkungan

 a. Menyiarkan pesan menyambut ramadhan.
 b. Lingkungan diajak membuat hiasan atau ucapan ahlan wa sahlan Ramadhan.
 c. Membersihkan lingkungan dan Masjid.

Saudaraku...lihatlah soal Adab shaum, ia diawali dari "Niat" boleh niat sebulan penuh, atau tiap malam sebelum subuh. Lalu pandai pandailah memanfaatkan waktu untuk beramal sholih.
Menyegerakan berbuka saat azan maghrib boleh dengan air dan kurma..saat itu banyaklah berdoa agar ibadahnya berkualitas dan istiqomah sampai akhir...

Tinggalkanlah hal2 yang membatalkan pahala shaum atau mengurangi pahalanya. Bersiwak atau sikat gigi itu tidak membatalkan.

Hindarilah sebab sebab futur seperti makan dan minum berlebihan... serta jangan sibuk dengan hal2 yang mubah.

Akhirnya. ..akhirkanlah sahur. Satu jam atau setengah jam sebelum azan subuh. Berhentilah sebelum azan berkumandang.

Saudaraku...Bersungguh-sungguhlah beribadah di 10 hari terakhir ramadhan...dengan beri'tikaf di 10 hari terakhir dan bangunkanlah keluarga kita untuk menghidupkan malam itu.

Saudaraku....sederhana lah untuk persiapan Lebaran. Bukankah kekhusyuan ibadah akan terganggu apabila kita disibukkan dengan persiapan lebaran yang berlebihan.

Selamat menyambut dan Menikmati Jamuan Ramadhan...
Semoga terlahir insan insan muttaqien sesuai dari tujuan ibadah Shaum...



gambar diambil dari : http://www.dakwatuna.com/2012/06/26/21287/marhaban-yaa-ramadhan/

2 Komentar

Trima kasih ats infonya. Sgt bguna...

Sama2.. terimakasih sudah berkunjung..:)

Silahkan berkomentar dengan benar, hanya komentar yang relevan yang akan diterbitkan, maaf komentar spam akan dihapus secara otomatis